Loading...

Dengan Alsintan Usaha Tani Lebih Efisien, Efektif dan Hemat

10:20 WIB | Monday, 10-April-2017 | Non Komoditi, Sarana & Prasarana | Penulis : Clara Agustin

Alat dan mesin pertanian (alsintan) menjadi salah satu faktor utama meningkatkan produksi pertanian, selain varietas unggul dan cara budidaya yang baik. Karena itu pemerintah sejak dua tahun terakhir mendorong petani menggunakan alsintan.

 

Banyak keuntungan pemakaian alsintan dalam usaha tani, dari mulai tanam hingga panen. Namun yang pasti, dengan alsintan, pekerjaan bertani menjadi lebih efisien dan efektif. Keuntungan lainya, biaya usaha tani bisa menjadi lebih murah.

 

Direktur Alat dan Mesin Pertanian, Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian, Kementerian Pertanian Suprapti mengatakan, dengan penggunaan alsintan petani dapat mengurangi biaya produksi petani hingga 30%. Produksinya juga meningkat, sehingga berimbas ke petani yakni kesejahteraan meningkat.

 

“Dengan memaksimalkan penggunaan alsintan tentu saja akan meningkatkan produksi. Yang jelas dengan menggunakan alsintan itu berpengaruh kepada efisiensi, efektifitas, dan biaya,” katanya.

 

Efisien yakni waktu lebih cepat, hasil seragam, produktivitas meningkat, berkualitas dan bernilai kompetitif. Efektif dalam mengurangi kehilangan hasil, beban kerja berkurang (tidak terlalu capai), dan mengurangi jumlah tenaga kerja. Dari sisi biaya, secara skala ekonomi minimum terpenuhi, mengurangi biaya, dan meningkatkan nilai tambah.

 

Pertanian Modern

 

Suprapti berharap, penggunaan alsintan menjadi langkah awal menuju pertanian yang lebih modern. Artinya, bukan hanya didominasi tenaga manusia, tapi tenaga mesin juga mulai berkiprah di lahan pertanian. “Kita ini punya satu cita-cita bersama, yakni menuju kedaulatan dan ketahanan pangan nasional. Modernisasi pertanian merupakan salah satu tolak ukur terciptanya cita-cita tersebut,” jelasnya.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162