Loading...

Hamini, Jagonya Pengendalian Hama Tanaman

10:00 WIB | Tuesday, 31-May-2016 | Kabar Penas KTNA XV 2017, Kontak Tani Sukses | Penulis : Kontributor

Pendidikan formalnya hanya sampai tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Namun  Hamini  faktanya mampu menjadi sosok petugas pengendali hama tanaman yang diandalkan  petani di kawasan  Kampung Sayang Lauk, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram.

 

Karena keahliannya itu,  belakangan pria 38 tahun ini di samping sukses mengelola usaha pertanian tanaman pangan dan hortikultura miliknya, juga berhasil meraih predikat  juara 2 petani berprestasi tahun 2015 tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

 

Terlahir dari keluarga petani, Hamini sejak kecil telah terbiasa membantu kedua orangtuanya melaksanakan kegiatan usaha tani termasuk ikut  memasarkan hasil panen  ke pasar-pasar tradisional dekat tempat tinggalnya.

 

Bertekad  memajukan usaha  pertanian yang dirintis  oleh kedua orangtuanya, pada tahun 2009 ia mulai terjun mengembangkan usaha penanaman padi varietas 64 menggunakan teknologi jajar legowo 4 : 1 di bawah bimbingan langsung penyuluh pertanian di daerahnya. Ternyata di debut pertamanya itu ia bisa memperoleh hasil panen gabah hingga sekitar 9 ton/ha. 

 

Tak hanya fokus  melaksanakan budidaya padi dengan  teknologi terkini, ayah tiga anak ini juga mencoba mengembangkan tanaman hortikultura khususnya cabai. Sejak saat itu ia  mulai aktif di kegiatan kelembagaan tani dan menduduki jabatan sebagai  Ketua Kelompok Tani “Sayang Lauk 1” juga pengurus  Kelompok Wanita Tani “Mekar Jaya”.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162