Loading...

Inilah Gejala Tanaman Terkena Erwinia

13:56 WIB | Friday, 06-January-2017 | Hortikultura, Komoditi | Penulis : Kontributor

Ada beberapa gejala yang mesti diketahui kalangan petani pada tanaman cabai yang terkena bakteri Erwinia chrysanthemi. Bahaya tersebut bisa dilihat dari daun, batang hingga buah cabai. Inilah gejalanya:

 

  1. Gejala awal pada daun bagian atas akan layu dengan tepian daunnya mengering, bahkan hingga keseluruhan daun. Gejala seperti ini akan terlihat pada daun di bagian bawah, pada kasus yang ekstrim keseluruhan tanaman akan mengering.
  2. Umbi (khusus pada kentang) akan menunjukkan gejala membusuk dan menjadi lunak. Seringkali hanya satu bagian batang yang menunjukkan gejala. Batangnya pun mengering. Sedangkan pada bagian luar batang tetap terlihat hijau hingga daun menjadi layu secara keseluruhan. Pada kondisi hangat dan kering gejala biasanya akan terlihat ketika suhu udara mencapai 250C.
  3. Bakteri juga akan menyerang bagian dalam buah dan merusak jaringan daging buah, sehingga jaringan daging buah menjadi lunak dan berair keruh. Biasanya mulai dari bagian ujung buah lalu merambat hingga seluruh bagian daging buah membusuk.
  4. Buah yang terinfeksi akan tetap menggantung seperti kantung air. Lama kelamaan air akan menetes perlahan sampai habis. Kulit buah akan mengering dan berubah transparan meskipun tetap terus menggantung. **

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

Editor : Ahmad Soim

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162