Loading...

Tumini, Dari Coba-coba, Raih Keberhasilan

10:29 WIB | Friday, 09-December-2016 | Kabar Penas KTNA XV 2017, Kontak Tani Sukses | Penulis : Kontributor

Berawal dari keraguan untuk memulai, seorang ibu rumah tangga yang belum banyak tahu tentang seluk beluk bertani.

 

Sebagai petani sayur dengan pengalaman dan pengetahuan tentang budidaya tanaman mampu meraih keberhasilan sayur yang minim, Tumini memberanikan diri untuk memulai budidaya tanaman sayuran, terutama yang memiliki sedikit resiko kegagalan seperti bayam, kangkung, kacang panjang dan jagung manis.

 

Tumini mulai menekuni usaha tani sayur hanya dengan menggarap lahan seluas 0,5 ha yang ia beli dari hasil uang tabungannya. Namun, setelah 15 tahun, wanita berusia 46 tahun tersebut telah berhasil menambah luasan lahannya menjadi seluas 1,5 ha, di mana semua lahannya tersebut ditanami dengan beraneka ragam tanaman sayur yang ia tanam secara bergilir atau rotasi.

 

Pada tahun-tahun berikutnya, ia akhirnya menuai hasil dari kerja keras dan ketekunannya selama ini. Ia mulai bisa memanen tanaman sayurnya setiap dua hari sekali.

 

Beragam jenis sayuran telah dibudidayakan Tumini. Mulai dari kangkung, cabai, mentimun, tomat, labu, pare hingga kacang panjang. Namun saat ini, Tumini lebih fokus membudidayakan tiga jenis sayuran yaitu: tomat, cabai dan kacang panjang. Tumini menerapkan sistem rotasi dalam melakukan kegiatan usaha tani sayurnya.

 

Misalnya pada petak lahan pertama ditanami tomat sampai menjelang panen, baru kemudian ia menanam cabai di lokasi lahan kedua sampai menjelang panen lagi. Setelah itu, Tumini menanam kacang panjang di lokasi lahan ketiga. Setelah lokasi lahan pertama selesai tanam tomat, ia menyambungnya dengan tanaman cabai. Kemudian masih pada lahan yang sama, setelah cabai, Tumini mengusahakan lahannya dengan tanaman kacang panjang. Selesai panen kacang panjang, dilakukan jeda dengan menanam jagung. Begitu juga yang ibu Tumini lakukan pada lahan kedua dan ketiga.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162