Loading...

Waspadai Serangan Tikus, PPL Intensifkan Pengendalian

10:00 WIB | Wednesday, 29-June-2016 | Nusantara | Penulis : Kontributor

Para penyuluh pertanian di Kabupaten Pinrang belakangan ini mengintensifkan kegiatan pengendalian hama tikus, mengingat sejumlah hamparan persawahan di beberapa kecamatan sudah memasuki musim tanam periode April-September 2016.

 

Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kelurahan Bentengnge, Kecamatan Watang Sawitto, Murni menjelaskan, pertanaman padi di wilayah kerjanya dan di Kecamatan Watang Sawitto pada umumnya sudah berumur 30-60 hari. Di usia tersebut tanaman sangat rentang terhadap serangan hama tikus. “Kondisi iklim yang sering turun hujan seperti ini sangat mendukung munculnya serangan hama tikus,” ungkap Murni.

 

Guna mengantisipasi kerugian petani akibat serangan hama tersebut maka saat ini para PPL intensif melakukan pengendalian hama tikus bekerjasama dengan tim Buser Dinas Pertanian, Petugas Pengendali Hama dan Penyakit Tanaman, kelompok tani serta TNI.

 

Murni menjelaskan, hama tikus menyerang pada malam hari dan siang hari. Tikus bersembunyi di dalam lubang pada saluran, pematang  sawah dan daerah di sekitar sawah. “Serangan tikus akan lebih parah ketika hama tersebut menyerang secara berkelompok dalam jumlah yang sangat banyak," tuturnya.

 

Menurutnya, tikus merupakan hama yang paling merusak kegiatan budidaya padi karena hewan pengerat ini menyerang pada semua fase dan tingkat pertumbuhan tanaman, sehingga serangannya mulai dari  tahap penyemaian, pindah tanam hingga panen. "Sejauh ini kami bersama para petani sudah berusaha melakukan pengendalian terhadap hama tikus dengan menggunakan racun tiram yang disumbatkan ke lubang sarang tikus, agar serangannya tidak meluas ke lahan pertanian di sekitarnya," katanya.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

Editor : Ahmad Soim

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162