Loading...

Kawasan Minapolitan Makin Mini

09:28 WIB | Friday, 06-January-2017 | Nusantara | Penulis : Indarto

Program kawasan minapolitan pada tahun 2016 menjadi salah satu andalan untuk membangkitkan kembali perikanan budidaya. Terlihat dari jumlah yang dikembangkan mencapai 110 kawasan yang sudah mulai bergerak maju.

 

Sayangnya, pada tahun 2017 program pengembangan kawasan minapolitan tak lagi menjadi prioritas alias makin mini. Jumlahnya tinggal 10 kawasan.

 

Kendati pengembangan kawasan Minapolitan pada tahun 2017 tidak masuk dalam program prioritas, namun program ini tetap dilanjutkan. Hanya saja, KKP melalui Ditjen Perikanan Budidaya akan memprioritaskan pengembangan kawasan minapolitan yang sudah terintegrasi dari hulu hingga hilir.

 

“Tak tertutup kemungkinan ada skala prioritas. Jadi, ada beberapa kawasan yang besar-besar saja yang akan kita kembangkan pada tahun 2017. Tapi, saya belum bisa jelaskan kawasan mana saja karena masih dalam pembahasan. Paling tidak nantinya hanya sekitar 10 kawasan yang kita kembangkan,” tutur Direktur Kawasan Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Arik Hari Wibowo, di kantornya, Jakarta, belum lama ini.

 

Sesuai rencana sejumlah kawasan minapolitan yang sudah terlihat menonjol digabungkan dalam satu kawasan pengawasan. Jadi meski secara jumlah berkurang, kawasan minapolitan cakupannya bisa saja lebih luas. “Kawasan minapolitan mana saja yang akan kita gabungkan masih kita kaji lagi. Apakah sesuai komoditi unggulannya atau sesuai kedekatan wilayah, nanti kita kaji lagi,” ujarnya.

 

Menurut Arik, masyarakat perikanan budidaya yang berada di kawasan minapolitan sampai kini sudah merasakan manfaatnya. Selain ada dukungan dari pemerintah daerah (Pemda) setempat, pemerintah pusat juga melakukan dukungan dengan dana stimulan. “Pemerintah daerah, setiap 2-3 tahun sekali mengadakan rapar koordinasi untuk mengetahui sampai sejauh mana pencapaian kawasan Minapolitan yang sudah dilakukan di masing-masing daerah,” papar Arik.

 

Dukungan Plat Hitam

 

Komitmen untuk mengembangkan minapolitan di sejumlah daerah bukan hanya didukung pemerintah pusat dan sejumlah lembaga lainnya, tapi juga perusahaan plat hitam (swasta) dan perbankan. Bahkan pengusaha dan perbankan terjun langsung di setiap kawasan minapolitan.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162