Loading...

Pasca Gempa, Bumi Rencong Percepat Tanam Padi

10:56 WIB | Thursday, 29-December-2016 | Nusantara | Penulis : Kontributor

Musibah gempa bumi yang menimpa beberapa kabupaten di Provinsi Aceh seperti Kabupaten Pidie Jaya, Bireun dan Pidie, juga banjir di Singkil, Aceh Barat, Aceh Jaya, tidak menyurutkan langkah untuk melakukan penanaman padi.

 

Staf Ahli Menteri Pertanian, Mukti Sardjono bersama Bupati Aceh Jaya, Kepala Dinas Pertanian Prov. Aceh, Danrem 012/Teuku Umar, Dandim 0114/Aceh Jaya melakukan gerakan percepatan tanam padi Musim Tanam Rendeng 2016/2017 di Kecamatan Darul Hikmah, Kabupaten Aceh Jaya, beberapa waktu lalu. Mukti menyampaikan apresiasi kepada Aceh Jaya yang pada musim tanam 2015/2016 luas tanamnya melebihi target.

 

Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian berkomitmen meningkatkan produksi komoditi unggulan dengan memberikan bantuan kepada petani baik alat mesin pertanian seperti traktor, hands prayer, pompa air, benih, pupuk, dan sarana produksi lainnya. 

 

Mukti menjelaskan, untuk Kabupaten Aceh Jaya tahun 2016 mendapat bantuan traktor roda dua sebanyak 49 unit, traktor roda empat satu unit; pompa air tujuh unit, hand sprayer, dan bantuan benih. “Saya mengharapkan bantuan yang diberikan menjadi pendorong peningkatan luas tanam dan produksi padi, sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani. Jadi musim tanam 2016/2017 harus lebih tinggi dari tahun lalu,” katanya.

 

Bupati Aceh Jaya, Azhar Abdurrahman mengucapkan terima kasih kepada Danrem 012/ Teuku Umar serta mengharapkan perhatian lebih dari Kementerian Pertanian serta TNI. “Kami berharap jajaran TNI dan Kementerian Pertanian tetap dapat memberikan perhatian yang lebih kepada program kegiatan sektor pangan di Aceh Jaya karena sektor pangan merupakan sumber utama pendapatan masyarakat Aceh Jaya," ujarnya.

 

Selain itu, Azhar berharap Kementan dan TNI dapat memberikan pembinaan kepada petani Kabupaten Aceh Jaya agar petani kesejahteraannya meningkat. “Kami menyadari dalam memberikan pemahaman dan pembinaan teknologi yang baru kepada petani itu perlu ketelatenan dan kesabaran,” katanya.

 

Untuk berlangganan Tabloid Sinar Tani Edisi Cetak SMS / Telepon ke 081317575066

 

Konsultasi Hotline
Hubungi Kami
(021) 7812162